Rabu, 04 Januari 2012

modernisasi

Apa itu Modernisasi ?
apakah yang dimaksud dengan modernisasi itu ? secara bahasa, kata modern berasal dari bahasa latin yaitu modernus yang berarti saat ini, sekarang, masa kini. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata modern diartikan sebagai sikap, cara berpikir, bertindak sesuai dengan tuntutan zaman . dari kata modern ini kemudian muncul beberapa kata lain, yaitu modernitas, modernisasi dan modernisme. modernitas berarti realitas kemodernan sedangkan modernisasi berarti paham mengenai kemodernan sedangkan modernisasi adalah proses kemodernan. modernisasi dapat diartikan sebagai aktivitas yang membawa kemajuan, perubahan dan perombakan secara asasi susunan dan corak suatu masyarakat dari statis menuju dinamis, dari tradisional menjadi rasional..
Ciri Masyarakat Modern
mengedepankan cara berpikir, bertindak dan memandang sesuatu yang masuk akal atau rasional, bersifat terbuka, menerima hal-hal baru dan menerima kritik, memeberikan posi dan kesempatan yang sama pada setiap orang, mengedepanan persamaan, menghargai perbedaan, penolakan terhadap tradisi dengan mengedepankan perubahan dan kemajuan, adanya perkembangan dan pengutamaan teknologi, munculnya budaya mementingkan diri sendiri, berkembangnya sistem ekonomiyang berdasarkan atas besaran modal dan berorientasi semata-mata mengeruk keuntungan.
Pengaruh Modernisasi terhadap Manusia
sebagaimana djelaskan diatas, titik berangkat modernisasi adalah gerakan proses terhadap agama (kristen) yang telah membelenggu Eropa Barat. pada perjalanannya, doktrn meminggirkan agama dari ranah kehidupan teru dibawa dalam proses pertumbuhan dan perkembangan dunia modern. doktrin ini sering disebut dengan sekularisme. dengan kata lain, bicara modernisasi tak terlepas dari pembicaraan sekularisasi, yakni segala upaya untuk membungkam dan mengenyampingkan peran dan nilai-nilai gama dari ruang publik, sehingga peran dan nilai itu hanya diserahkan kepada masing-masing individu, bahkan pada titik yang paling ekstrim menolak adanya Tuhan. menurut Naquib Al-Attas, adalah pembebasan manusia dari agama dan kemudian metafisika atau pembebasab alam dari nada-nada keagamaan.
pemahaman tentang konsep manusia sangat penting karena hal itu akan berpengaruh pada sikap, tingkah laku, keputusan, respon atau sesuatu, dan tujuan hidup orang bersagkutan sekaligus mewarnai dan mempengaruhi kehidupan sosial secara umum.
modernisasi dapat diartikan sebagai paham mengenai perubahan dan kemjuan yang bermaksud untuk mengubah tatanan masyarakat tardisional yang statis, feodal dan irasionalke masyarakat yang dinamis, progresif, demokratis dan rasional dengan mengedepankan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar