Rabu, 04 Januari 2012

Kalimat

Kalimat
Kalimat efektif ialah kalimat yagn secara akurat menyampaikan maksud pengujar dan dapat secara akurat pula diterima oleh penerima. Apabila pembicara atau penulis menyampaikan maksud X akan diterima sebagai X pula oleh pembaca atau pendengar itulah hakikat kalimat yang efektif.
Untuk membangun kalimat yang efektif diperlukan perhatian dalam :
1.      Pemilih kata dan istilah yang tepat
2.      Menggunakan ejaan secara cermat
3.      Mengemas kalimat sehingga hanya memiliki gagasan yang tunggal
4.      Menghemat pemakaian kata
5.      Menggunakan kata yang segar dan bervariasi
6.      Memilih pola kalimat dan bagian mana yang di jadikan topik
7.      Menggunakan bentuk imbuhan yang sejajar untuk bagian-bagian kalimat yang sefungsi
8.      Menyelaraskan dengan kalimat-kalimat lain

·        Kalimat yang bercita rasa
Ada pun kalimat yang dimaksud dengan kalimat yang bercita rasa iaah kalimat yang mampu menimbulkan suasana batin tertentu bagi yang membaca. Suasana batin itu dapat berupa perasaan nyaman atau terhibur ,  perasaan sedih , perasaan tegang , perasaan lebih bernas atau berisi dan sebagainya.
Cita rasa kalimat ini digambarkan oleh A. Widyamartaya sebagaimana kain batik yang mempunyai motif atau pola berbeda-beda sesuai dengan tujuanya. Batik kawung berbeda motif dengan batik parangrusak , keduanya berbeda motif dengan parang garuda berbeda lagi dengan motif batik parang kusuma. Setiap motif batik tersebut memiliki cita rasa atau nuansa batin tersendiri bagi yang menikmatinaya. Demikian halnya dengan kalimat yang disusun dengan pola-pola tertentu akan menimbulkan efek cita rasa tertentu. Demikian pula dengan pilihan katanya akan menciptakan nuansa batin tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar