Rabu, 04 Januari 2012

Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional


Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasoinal
Pada masa orde baru pancasila untuk mempertahankan KUO , dan mempertahankan kekuasaan dengan kata lain pancasila ikut menanggung beban kesalahan. Pada tahun 1998 , MPR RI NO.II/MPR/1978 Tentang P4 (Ekaprasetya Pancakarsa) Pada ketetapan ini menetapkan pancasila sebagai dasar NKRI dan sebagai ideologi nasional.
            Pancasila dalam pendekatan filsafat adalah ilmu pengetahuan yang dalam mengenai pancasila. Menurut Syarbaini 2003 , filasafat pancasila adalah refleksi kritis dan rasiona tentang pancasila dalam bangungan bangsa dan negara indonesia.
Nilai-Nilai yang terkandung dalam pancasila adalah :
1.      Ketuhanan
2.      Kemanusian
3.      Persatuan
4.      Kerakyatan
5.      Keadilan
Nilai adalah sesuatu yang berharga , baik dan berguna bagi manusia. Nilai dapat menjadi dasar penentu tingkah laku manusia , karna memiliki :
1.      Berguna
2.      Keyakinan
3.      Memuaskan
4.      Menarik
5.      Menguntungkan
6.      Menyenangkan
Ciri-ciri dari nilai adalah suatu realitas abstrak , bersifat nurmatif , sebagai mutifator atau daya dorong manusia dalam bertindak.
·       Pengalaman pancasila
Pengalaman pancasila dalam kehidupan bernegara dapat dilakukan dengan cara , pengamalan secara objektif adalah negara melaksanakan dan menaati peraturan perundang-undangan sebagai norma hukum negara yang berlandasan hukum pancasila. Pengamalan secara subjektif adalah dengan menjalankan nilai-nilai pancasila yang berwujud norma etik secara pribadi atau kelompok secara bersikap dan bertingkah laku pada kehidupan berbangsa dan bernegara.
·       Pancasila sebagai citaan hukum
Pancasila sebagai ciptaan hukum memiliki 2 fungsi yaitu :
Fungsi Regulatif : Cita hukum menguji apakah hukum yang dibuat adil atau tidak bagi masyarakat
            Fungsi Konstitutif : Fungsi yang menentukan bahwa tanpa dasar cita hukum maka hukum yang dibuat akan kehilangan maknanya sebagai hukum.
·       Pengrtian ideologi
berasal dari kata idea yang berarti berarti gagasnan , konsep , cita-cita dan logos yang berarti ilmu. Ideologi adalah ilmu tentang pengertian dasar , ide atau gagasan atau dengan kata lain ideologi adalah cita-cita yang bersifat tetap yang harus di capai sehingga cita-cita itu sekaligus merupakan dasar , pandangan/paham untuk menjadi pegangan hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar