Rabu, 04 Januari 2012

ilmu pengetahuan sosial


Pendidikan Dasar IPS

Pusat kurikulum menyatakan bahwa IPS adalah satu kajian yang terpadu yang merupakan penyederhanaan adaptasi, seleksi, dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep keterampilan.
IPS menggambarkan interaksi individu atau kelompok dalam masyarakat.
Pendidikan Kemanusiaan

Pendidikan Kewarganegaraan                                Pendidikan Intelektual

-pendidikan kemanusiaan memiliki arti bahwa IPS haru membantu anak memahami pengalamannya dan menemukan arti atau makna dalam kehidupannya yang terkandung unsur pendidikan nilai.
-pendidikan kewarganegaraan memiliki arti bahwa siswa harus dipersiapkan untuk berpartisipasi secara efektif dalam dinamika kehidupan masyarakat. Pendidikan nilai dalam tujuan ini lebih dtekankan pada kewarganegaraan.
-pendekatan intelektual mengandung arti bahwa anak membutuhkan untuk memperoleh ide-ide yang analisis dan alat-alat untuk memecahkan satu masalah yang dikembangkan dari konsep-konsep ilmu sosial.
Tujuan IPS
1.      Pengetahuan, adalah kemahiran dan pemahaman terhadap sejumlah informasi dan ide-ide. Tujuan : membantu siswa untuk belajar lebih banyak tentang dirinya, fisik dan dunia sosial.
2.      Keterampilan : *berfikir merupakan kemampuan mendefinisikan dan membuat hipotesis, membandingkan dan melahirkan ide-ide baru, *akademik kemampuan membaca, menelaah, menulis, berbicara dan menginterpretasikan peta . *penelitian kemampuan merumuskan suatu hipotesis intinya menyelesaikan masalah. *sosial kemampuan kerjasama memberikan kontribusi dalam tugas dan diskusi kelompok mengerti tanda-tanda non verbal yang disampaikan orang lain.
3.      Sikap adalah kemahiran mengembangkan dan meneriman keyakinan-keyakinan, interes, pandangan-pandangan dan kecenderungan tertentu
4.      Nilai adalah kemahiran memegang sejumlah komitmen yang mendalam, mendukung ketika sesuatu dianggap penting dengan tindakan tepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar