PENDIDIKAN
Ilmu pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang pengubahan sikap dan tata laku seseorang dan kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan : proses , cara , pembuatan mendidik. Definisi yang terpenting adalah peningkatan pengetahuan , pengertian , kesadaran , dan toleransi ilmu pendidikan disampaikan oleh para pakar antara lain :
- Prof.Dr.N.Driyarkara : Pemikiran ilmiah tentang realitas yang disebut pendidikan.
- Prof.M.J.Lavengeld : Paedagogic atau ilmu mendidik merupakan suatu ilmu yang bukan saja menelaah objeknya untuk mengetahui betapa keadaan atau hakiki objek tersebut.
- Prof.Brojonegoro : Ilmu pendidikian merupakan teori pendidikan , perenungan tentang pendidikan.
Pendidikan dalam arti yang sederhana merupakan suatu usaha untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilainnya dalam masyarakat dan kebudayaannya.
Pendidikan lebih tua dibanding ilmu pendidikan sebab pendidikan telah ada sebelum ilmu pengetahuan.
Dalam ilmu pendidikan dikenal unsur-unsur pendidikan sebagai berikut : usaha(kegiatan) bersifat bimbingan , ada pendidik , ada yang di didik , bimbingan itu mempunyai dasar dan tujuan dalam usaha pasti ada alat-alat yang di pergunakan.
Faktor pendidikan yang dikenal dalam ilmu pendidikan yaitu , faktor tujuan , faktor pendidik , faktor anak didik , faktor alat pendidik , faktor lingkungan.
Pendidikan seumur hidup adalah pendidikan yang wajib di miliki oleh manusia sejak ia hidup sampai meninggal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar