Rabu, 04 Januari 2012

pendidikan dan ilmu pendidikan

PENDIDIKAN
            Ilmu pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang pengubahan sikap dan tata laku seseorang dan kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan : proses , cara , pembuatan mendidik. Definisi yang terpenting adalah peningkatan pengetahuan , pengertian , kesadaran , dan toleransi ilmu pendidikan disampaikan oleh para pakar antara lain :
  1. Prof.Dr.N.Driyarkara : Pemikiran ilmiah tentang realitas yang disebut pendidikan.
  2. Prof.M.J.Lavengeld  : Paedagogic atau ilmu mendidik merupakan suatu ilmu yang bukan saja menelaah objeknya untuk mengetahui betapa keadaan atau hakiki objek tersebut.
  3. Prof.Brojonegoro : Ilmu pendidikian merupakan teori pendidikan , perenungan tentang pendidikan.
      Pendidikan dalam arti yang sederhana merupakan suatu usaha untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilainnya dalam masyarakat dan kebudayaannya.
      Pendidikan lebih tua dibanding ilmu pendidikan sebab pendidikan telah ada sebelum ilmu pengetahuan.
      Dalam ilmu pendidikan dikenal unsur-unsur pendidikan sebagai berikut : usaha(kegiatan) bersifat bimbingan , ada pendidik , ada yang di didik , bimbingan itu mempunyai dasar dan tujuan dalam usaha pasti ada alat-alat yang di pergunakan.
      Faktor pendidikan yang dikenal dalam ilmu pendidikan yaitu , faktor tujuan , faktor pendidik , faktor anak didik , faktor alat pendidik , faktor lingkungan.
      Pendidikan seumur hidup adalah pendidikan yang wajib di miliki oleh manusia sejak ia hidup sampai meninggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar